bisnis online

Rabu, 27 November 2013

Pendidikan Pramuka Masa Kini



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Gerakan Pramuka adalah perkumpulan gerakan pendidikan kepanduan kebangsaan Indonesia untuk anak-anak dan pemuda warga-negara Republik Indonesia (Keputusan Presiden No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka).Pada perkembangan sekarang ini, Gerakan Pramuka banyak mengalami perkembangan yang baik, namun juga terdapat penurunan dalam pandangan masyarakat, karena hanya dipandang sebagai kegiatan anak-anak sekolah yang merupakan ekstrakurikuler belaka.Bahkan dianggap kegiatan seperti anak kecil yang hanya tepuk-tepuk dan bernyanyi, bermain tali maupun tongkat, menggunakan sandi.Pemuda-pemudi sekarang pun kebanyakan juga kurang berminat atau pun tertarik kepada Pramuka.Gerakan Pramuka dianggap kegiatan yang kuno dan tidak mau berkembang.Hal ini merupakan pekerjaan rumah dan tantangan bagi kita para anggota Pramuka dalam kegiatan yang juga harus mengikuti perkembangan zaman.
Bukan zaman yang mengikuti pramuka, namun pramuka yang mengikuti perkembangan zaman.Kalau kita analogikan, Pramuka tidak harus seperti yang dahulu, namun juga tidak menghilangkan yang dahulu dan selalu mengikuti perkembangan zaman.Padahal jika kita mengetahui apa sebenarnya Gerakan Pramuka sendiri, banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan-kegiatan kepramukaan. Oleh pemerintah, pendidikan Gerakan Pramuka memang ditujukan untuk kegiatan kepemudaan yang berwawasan kebangsaan demi membentengi NKRI.Pendidikan berkarakter banyak diberikan pada setiap kegiatan demi mencetak karakter-karakter bangsa yang baik.
Gerakan Pramuka lebih mengedepankan pendidikan berkarakter Bangsa Indonesia sendiri.Gerakan Pramuka memang anggota dari World Organisation Scout Movement (WOSM), namun dalam prakteknya menjadi Indonesia sendiri yang memiliki ciri khas.Pendidikan berwawasan kebangsaan Indonesia ditanamkan sejak tingkatan awal (Pramuka Tingkat Siaga) hingga tingkatan tertinggi (Pramuka Tingkat Pandega).Pendidikan Pramuka yang merupakan pendidikan nonformal adalah sebagai salah pendidikan yang dilaksanakan di luar sekolah yang banyak menamkan nilai-nilai kebangsaan.
            Pada era modernisasi sekarang ini, keberadaan Pramuka sangat dibutuhkan untuk membentengi pengaruh-pengaruh asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.Namun, banyak tantangan yang harus dihadapi dan perlu adanya pengembangan yang berkelanjutan dalam pembinaan pendidikan kepramukaan.

B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1.      Apa pengertian Pendidikan Gerakan Pramuka  ?
2.      Bagaimana Sejarah Berdirinya Pendidikan Gerakan Pramuka Indonesia ?
3.      Bagaimana Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Gerakan Pramuka Indonesia ?
4.      Bagaimana Perkembangan Pendidikan Pramuka Indonesia pada Masa Kini ?

C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan dalam makalah ini adalah:
1.      Untuk mengetahui pengertian Pendidikan Gerakan Pramuka.
2.      Untuk mengetahui Sejarah Berdirinya Pendidikan Gerakan Pramuka Indonesia.
3.      Untuk mengetahui Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Gerakan Pramuka Indonesia.
4.      Untuk mengetahui Perkembangan Pendidikan Pramuka Indonesia pada Masa Kini.

D.    Batasan Masalah
Mengingat begitu luasnya materi maupun yang berhubungan dengan pembahasan ini, maka penulis hanya membahas sesuai dengan rumusan masalah yang telah tercantum. Mengenai hal-hal yang tidak tercantum pada rumusan masalah, penulis tidak membahasnya pada makalah ini.

E.     Metode Penelitian
Adapun metode penulisan yang digunakan penulis pada makalah ini, yaitu dengan penelusuranmedia internet yang kemudian diuraikan serta disimpulkan menjadi sebuah karya ilmiah berbentuk makalah.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pendidikan Gerakan Pramuka
Pramuka adalah kepanjangan dari praja muda karana yang artinya sekumpulan anak muda yang memiliki karya atau sedang berkarya. Dari pengertian tersebut, maka pantas apabila pramuka dianggap sebagai penerus bangsa yang memiliki karya dan kemajuan dalam berfikir, disiplin dan mampu mengatasi masalah, banyak karya yang dapat dikuasai dalam mengikuti pramuka, seperti mampu memberi pertolongan dengan membuat tandu apabila dalam keadaan genting, mampu membuat simpul, dan banyak manfaat lain yang dapat kita ambil di dalamnya.

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota gerakan pramuka yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).
Sekarang hanya ada 1 organisasi kepanduan Nasional yaitu Gerakan Pendidikan Kepanduan GERAKAN PRAMUKA yang disingkat dengan kata PRAMUKA.Di Negara-negara lain, istilah Pandu dan Kepanduan serta organisasi berbeda-beda, walaupun maksudnya sama, misalnya: di Malaysia, disebut Persekutuan Pengakan Malaysia.Di Singapura, disebut The Singapore Scout Association.Di Philipina, disebut Kapatiran Scouting Philifinas.Di India, disebut The Bharat Scouts and Guides.Di Amerika Serikat, disebut Boy Scouts of Amerika (BSA) dan sebagainya.
Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka:
1.      Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani.
2.      Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.
Anggota Gerakan Pramuka terdiri dari anggota muda dan anggota dewasa. Anggota muda adalah peserta didik gerakan pramuka yang dibagi menjadi beberapa golongan diantaranya: Golongan Siaga merupakan anggota yang berusia 7-10 tahun. Golongan Penggalang merupakan anggota yang berusia 11-15 tahun.Golongan Penegak merupakan anggota yang berusia 16-20 tahun. Lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa.
Berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, maka kepanduan mempunyai tiga sifat atau ciri khas, yaitu :
·      Nasional, yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
·      Internasional, yang berarti bahwa organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa.
·      Universal, yang berarti bahwa kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja.
B.     Sejarah Berdirinya Pendidikan Gerakan Pramuka Indonesia
Pada awalnya pramuka dipelopori oleh Lord Robert Boden Powel of Gilwell yang dijuluki sebagai pendiri pertama pramuka, beliau berasal dari Inggris berkelahiran tanggal 22 Februari 1857 di London.Nama aslinya adalah Robert Stephenson Smyth dan ayahnya adalah seorang Profesor Geometry di Universitas Oxford yang namanya Boden Powel. Banyak kegiatan yang dialami oleh Baden Powel yaitu:
Sejak kecil Lord Robert Boden Powel ditinggal oleh ayahnya.Dia mendapat pembinaan dari ibunya.Dia juga mempunyai banyak keterampilan.Boden Powel sangat disenangi teman-temannya karena selalu gembira, lucu, cerdas, suka main musik, bersandiwara, berolahraga, mengarang dan menggambar.Boden Powel meninggal pada tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika Pada tahun 1908 beliau banyak menulis cerita pengalamanya dan dibukukan yaitu : Scouting For Boys, yaitu pramuka untuk penggalang (Boy Scout), yang kemudian disusul dengan berdirinya pramuka putri yang diberi nama Girls Guides atas bantuan Agnes adik perempuan Boden Powel yang kemudian diteruskan oleh Ibu Boden Powell.Pencipta lambang pramuka adalah bapak Soenarjo Admodipuro.Hari tunas kelapa yaitu tanggal 9 Maret.
Lord Robert Stephenson Smyth Baden-Powell dikenal sebagai perintis berdirinya kepanduan dunia.Lewat gerakan kepanduan Baden-Powell menyatukan generasi muda antarbenua.Pertamakali bergabung dengan British Army (Angkatan Perang Inggris) tahun 1876.Lord Robert Stephenson Smyth Baden-Powell menulis buku yang ditujukan untuk membantu tentara mengatasi kesulitannya bertahan hidup di alam bebas.Tak disangka, buku hasil karyanya beredar di kalangan umum dan banyak diminati anak-anak.
Pada tanggal 29 Juli sampai 9 Agustus 1907, Baden-Powell bersama 21 orang anak melakukan kemah kepanduan yang pertama di sebuah kepulauan Brownsea, Inggris. Beberapa hari melakukan kegiatan, anak-anak tersebut semakin menyukai bertualang di alam bebas.Didirikanlah gerakan kepanduan.Sejak didirikan Gerakan Kepanduan tersebut pada tahun 1907, hingga saat ini tak kurang dari 28 juta anggota kepanduan dari 216 negara menjadi anggota World Organization Scout Movement (WOSM) yang bermarkas di Geneva, Switzerland dan World Association of Girl Guides and Girl Scouts (WAGGGS). Indonesia sebagai salah satu anggota WOSM.
Baden Powell mewariskan banyak manfaat dari kegiatan kepanduan, yang sebagian tidak didapat dalam materi di kelas.Kegiatan kepanduan merupakan kegiatan pendidikan luar sekolah dan luar keluarga.Siswa berlatih membagi waktu antara kegiatan sekolah, dan acara keluarga.Berlatih kepanduan memberi poin penting, seperti belajar mengelola kelompoknya ataupun organisasi.
Menurut Keputusan Presiden No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka, Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya badan di wilayah NKRI yang diperbolehkan menyelenggarakan kepramukaan bagi anak dan pemuda Indonesia, organisasi lain yang menyerupai, yang sama, dan sama sifatnya dengan Gerakan Pramuka dilarang adanya.
 Anak-anak dan pemuda Indonesia perlu dididik untuk menjadi manusia dan warga-negara Republik Indonesia yang berkepribadian dan berwatak luhur, yang cerdas, cakap, tangkas, terampil dan rajin, yang sehat jasmaniah dan rohaniah, yang ber-Panca-Sila dan setia-patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan yang berpikir dan bertindak atas landasan-landasan Manusia-Sosialis- Indonesia, sehingga dengan demikian anak-anak dan pemuda Indonesia mendjadi kader pembangun yang cakap dan bersemangat bagi penjelenggaraan Amanat Penderitaan Rakyat. Pendidikan untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut diatas itu harus dilakukan dalam lingkungan anak-anak dan pemuda disamping pendidikan dilingkungan keluarga dan disamping pendidikan dilingkungan sekolah, dan harus diselenggarakan dengan jalan kepanduan yang disesuaikan dengan pertumbuhan Bangsa dan masyarakat Indonesia dewasa ini.

C.    Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Gerakan Pramuka Indonesia
Dalam UU No.12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, disebutkan bahwa pembangunan kepribadian ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup bagi setiap warga negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat, pengembangan potensi diri sebagai hak asasi manusia harus diwujudkan dalam berbagai upaya penyelenggaraan pendidikan, antara lain melalui gerakan pramuka. Gerakan pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.
 Dalam Undang-undang tersebut dijelaskan bahwa Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.
Kegiatan pendidikan kepramukaan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif.Kegiatan pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan menggunakan sistem among. Sistem among merupakan proses pendidikan kepramukaan yang membentuk peserta didik agar berjiwa merdeka, disiplin, dan mandiri dalam hubungan timbal balik antarmanusia.
Pramuka merupakan gerakan kepanduan di Indonesia yang tetap eksis sejak jaman sebelum kemerdekaan sampai sekarang.Kiprahnya di Indonesia semakin kuat dengan lahirnya Undang-undang tentang Kepramukaan. Arah gerakan Pramuka dapat dilihat dari syair lagu Hymne Pramuka :
Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satyaku Kudarmakan
Darmaku kubaktikan
Agar Jaya Indonesia
Indonesia Tanah Airku
Kami jadi pandumu

Dari lagu tersebut diketahui Pramuka hendak dijadikan kader pembangunan yang bermoral Pancasila.Melihat arah gerakan Pramuka yang hendak menjadikan kader pembangunan yang bermoral Pancasila, sungguh mempunyai peran yang sangat strategis bagi kemajuan bangsa Indonesia.Kader pembangunan berarti Pramuka ikut berperan serta aktif dalam kegiatan pembangunan dan juga bersama-sama dengan itu berperan aktif dalam menumbuhkan tunas-tunas bangsa (perkaderan).Bermoral Pancasila berarti Pramuka membentuk manusia khas Indonesia yang bermoral berdasarkan Pancasila.Manusia khas Indonesia berarti manusia yang hidup di bumi Indonesia dengan segala latar belakang sosial dan budayanya.Bermoral Pancasila berarti ber-Ketuhanan, berkemanusiaan, menjaga persatuan, bergotong royong, berkeadilan sosial.

D.    Perkembangan Pendidikan Pramuka Indonesia pada Masa Kini
Dalam sejarahnya, Pramuka menjadi salah satu ajang dan kekuatan non-formal yang mampu bertahan dalam segala cuaca politik dan ekonomi sehingga keberadaannya harus diperhitungkan sebagai institusi strategis yang dimiliki bangsa Indonesia.Institusi strategis yang dimaksud adalah sebagai salah satu benteng penting dalam menjaga nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.
Menurut Fasli, untuk menarik perhatian, sudah saatnya Pramuka mempunyai menu dan variasi baru dalam setiap program-programnya. Jika pada saat yang lalu Pramuka begitu digemari karena menjadi satu-satunya wadah bagi para pelajar yang gemar dan ingin melakukan kegiatan "outdoor".Tidak demikian halnya dengan saat ini, di mana banyak bertumbuhan "provider" baru yang menyajikan kegiatan dalam program-program Pramuka dengan lebih segar dan lebih canggih. "Menu yang lama mungkin tidak pas lagi, maka Pramuka harus lebih bervariasi. Seperti outbound, dulu Pramuka adalah wadah satu-satunya, tapi sekarang tidak,"
Keberpihakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terhadap masa depan Gerakan Pramuka dengan mencanangkan revitalisasi Gerakan Pramuka, tentu saja menjadi angin segar bagi mereka yang cukup lama bergelut di dunia Pramuka. Dan merasa sayang bila kegiatan positif ini sedikit demi sedikit kurang diminati oleh generasi selanjutnya.Semangat revitalisasi Pramuka yang dicanangkan Presiden SBY ini tentu saja merupakan sebuah realisasi untuk menjadikan Gerakan Pramuka sebagai satu wadah pembinaan generasi muda.“Revitalisasi Gerakan Pramuka ini juga akan dijadikan sebagai salah satu bagian dari revitalisasi pendidikan nasional. Oleh karena itu payung hukum Gerakan Pramuka yang selama ini berdasarkan keputusan presiden, akan ditingkatkan menjadi undang undang,”
Menurut Bey Machmuddin, terdapat 7 (tujuh) strategi revitalisasi gerakan Pramuka, yaitu:
(1) Memperkuat peran gugus depan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas pembina/pelatih serta bantuan peralatan di setiap Gugus Depan SD/MI dan SMP/MTs,
(2) Meningkatkan bentuk, wahana, dan media kegiatan Kepramukaan yang menarik, penyediaan modul-modul kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak muda masa kini,
(3)  Rebranding pramuka: Meningkatkan peran komunikasi publik melalui berbagai media; menampilkan wajah yang lebih muda dan segar; tampilan seragam pramuka yang lebih menarik,
(4) Pelibatan orang tua murid, komunitas, masyarakat luas, tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan pramuka terutama di gugusdepan maupun di setiap jenjang kwartir,
(5) Memperkuat organisasi gerakan pramuka mulai dari kwarnas, kwarda, sampai kwaran,
(6) Menata dan mengoptimalkan Penggunaan aset, fasilitas, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh gerakan pramuka,
(7) Meningkatkan koordinasi dan Sinergi, lintas pemangku kepentingan di pusat dan daerah.

Ajakan Presiden Republik Indonesia Dalam Rangka Revitalisasi Gerakan Pramuka:
-   Perkuat Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter Bangsa,
-   Raih keberhasilan melalui kerja keras secara cerdas dan ikhlas,
-   Ajak kaum muda meningkatkan semangat Bela Negara,
-   Mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan,
-   Utamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya,
-   Kokohkan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia,
-   Amalkan Satya dan Darma Pramuka.   
Pada tahun 2010 Pemerintah Republik Indonesia mengesahkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka yang disahkan di Jakarta pada tanggal 24 November 2010 oleh Presiden Republik Indonesia Dr. Susilo Bambang Yudhoyono.Dalam Undang-undang tersebut dijelaskan bahwa pembangunan kepribadian ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup bagi setiap warga negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat, bahwa pengembangan potensi diri sebagai hak asasi manusia harus diwujudkan dalam berbagai upaya penyelenggaraan pendidikan, antara lain melalui gerakan pramuka. Gerakan pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.Peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini belum secara komprehensif mengatur gerakan pramuka.
Dengan mengikuti perkembangan zaman, diharapkan Gerakan Pramuka mampu membawa perubahan dan dapat mengembangkan kegiatan secara meluas, serta menjadi kuat dan memperoleh tanggapan luas dari masyarakat.Dengan demikian, kita sebagai generasi Pramuka masa kini harus lebih kreatif dalam berkegiatan kepramukaan. Tidak hanya sempit pemikiran tentang apa yang dahulu Pramuka lakukan, namun lebih mengembangkan kegiatan yang bersifat kreatif, inovatif yang dapat menjadi daya tarik bagi generasi muda. Sehingga Gerakan Pramuka dapat menjadi salah satu benteng penting dalam menjaga nilai-nilai kepribadian Indonesia.
Seperti yang dikatakan Bung Karno ketika penyerahan Panji Gerakan Pramuka, “Berusahalah sehebat-sebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan Gerakan kita, sampai pada suatu ketika, setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik yang mahasiswa di kota maupun yang penggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan Aku Pramuka Indonesia”.




BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pramuka adalah kepanjangan dari praja muda karana yang artinya sekumpulan anak muda yang memiliki karya atau sedang berkarya. Gerakan Pramuka adalah gerakan yang baru, organisasi baru, yang disahkan dengan Surat Keputusan Presiden No.238 Tahun 1961 dengan tujuan, corak, tugas, fungsi dan bekerja yang baru. Bukan merupakan lanjutan dari salah satu organisasi kepanduan yang ada sebelum Gerakan Pramuka.
Dalam sejarahnya, Pramuka menjadi salah satu ajang dan kekuatan non-formal yang mampu bertahan dalam segala cuaca politik dan ekonomi sehingga keberadaannya harus diperhitungkan sebagai institusi strategis yang dimiliki bangsa Indonesia.Institusi strategis yang dimaksud adalah sebagai salah satu benteng penting dalam menjaga nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.
Mengikuti perkembangan zaman, diharapkan Gerakan Pramuka mampu membawa perubahan dan dapat mengembangkan kegiatan secara meluas, serta menjadi kuat dan memperoleh tanggapan luas dari masyarakat.Dengan demikian, kita sebagai generasi Pramuka masa kini harus lebih kreatif dalam berkegiatan kepramukaan. Tidak hanya sempit pemikiran tentang apa yang dahulu Pramuka lakukan, namun lebih mengembangkan kegiatan yang bersifat kreatif, inovatif yang dapat menjadi daya tarik bagi generasi muda. Sehingga Gerakan Pramuka dapat menjadi salah satu benteng penting dalam menjaga nilai-nilai kepribadian Indonesia.

3 komentar: